FAAST Penerbangan

Sekolah Pramugari, Pramugara, dan Staff Airlines Terbaik di Indonesia

Tes Pramugari : Syarat Fisik Menjadi Pramugari Terbaru

Facebook
Pinterest
Twitter
WhatsApp

Table of Contents

Menjadi pramugari adalah impian banyak orang karena profesi ini tidak hanya menawarkan kesempatan untuk berkeliling dunia, tetapi juga memungkinkan untuk bertemu dengan berbagai macam orang dan budaya. Namun, untuk menjadi pramugari, ada serangkaian tes dan persyaratan fisik yang harus dipenuhi. Artikel ini akan membahas secara rinci tentang tes pramugari, terutama mengenai syarat fisik terbaru yang harus dipenuhi oleh calon pramugari.

Mengapa Syarat Fisik Penting?

Pekerjaan sebagai pramugari menuntut stamina yang baik dan penampilan yang profesional. Pramugari harus mampu bekerja dalam jadwal yang ketat, sering kali melibatkan penerbangan panjang dan perubahan zona waktu yang drastis. Oleh karena itu, memiliki kondisi fisik yang prima sangatlah penting. Selain itu, pramugari juga merupakan representasi dari maskapai penerbangan, sehingga penampilan yang menarik dan rapi adalah hal yang wajib.

Syarat Fisik Menjadi Pramugari Terbaru

Setiap maskapai penerbangan memiliki standar yang sedikit berbeda, tetapi secara umum, syarat fisik untuk menjadi pramugari meliputi:

  1. Tinggi dan Berat Badan Proporsional
    Tinggi badan minimal biasanya berkisar antara 158 cm hingga 170 cm untuk wanita dan 168 cm hingga 182 cm untuk pria. Berat badan harus proporsional dengan tinggi badan, yang biasanya diukur dengan indeks massa tubuh (BMI). Maskapai menginginkan pramugari yang terlihat sehat dan bugar, yang bisa mempengaruhi penampilan dan stamina mereka selama bertugas.
  2. Kesehatan Jasmani
    Calon pramugari harus menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk memastikan bahwa mereka tidak memiliki kondisi medis yang dapat mengganggu pekerjaan mereka. Ini termasuk pemeriksaan tekanan darah, tes mata, pendengaran, dan kesehatan gigi. Selain itu, pramugari harus bebas dari penyakit kronis atau menular.
  3. Kesehatan Mata
    Penglihatan yang baik adalah syarat mutlak. Kebanyakan maskapai memperbolehkan penggunaan kacamata atau lensa kontak, tetapi ada batasan pada derajat rabun jauh atau rabun dekat yang diperbolehkan. Pemeriksaan mata biasanya mencakup tes untuk mengukur ketajaman penglihatan dan persepsi warna.
  4. Kesehatan Gigi
    Kesehatan gigi yang baik sangat penting. Gigi yang rapi dan bebas dari masalah seperti gigi berlubang atau infeksi diperlukan untuk memastikan tidak ada gangguan kesehatan selama penerbangan dan untuk menjaga penampilan.
  5. Kulit yang Sehat
    Kulit yang sehat dan bebas dari luka atau bekas luka yang mencolok adalah salah satu syarat penting. Maskapai menginginkan pramugari dengan penampilan yang bersih dan menarik.
  6. Tidak Memiliki Tato atau Tindik yang Terlihat
    Sebagian besar maskapai penerbangan memiliki kebijakan ketat terhadap tato atau tindik yang terlihat saat mengenakan seragam. Tato atau tindik yang mencolok dapat mengurangi profesionalisme penampilan pramugari.
  7. Kesehatan Mental
    Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga sangat penting. Pramugari harus mampu mengatasi stres dan tekanan dengan baik. Tes psikologi sering kali menjadi bagian dari proses seleksi untuk menilai stabilitas emosional dan kemampuan bekerja di bawah tekanan.

Proses Seleksi Fisik

Proses seleksi fisik biasanya melibatkan beberapa tahap, yang meliputi:

  1. Pemeriksaan Dokumen
    Pemeriksaan awal mencakup pengecekan dokumen-dokumen kesehatan dan sertifikat medis. Calon pramugari harus menyediakan bukti bahwa mereka telah menjalani pemeriksaan kesehatan yang sesuai.
  2. Tes Kesehatan
    Tes kesehatan dilakukan oleh dokter yang ditunjuk oleh maskapai penerbangan. Tes ini mencakup pemeriksaan umum, tes darah, tes urin, tes pendengaran, dan tes penglihatan.
  3. Pengukuran Fisik
    Pengukuran tinggi dan berat badan dilakukan untuk memastikan calon pramugari memenuhi kriteria yang ditetapkan.
  4. Wawancara Kesehatan
    Beberapa maskapai juga melakukan wawancara untuk mendiskusikan riwayat kesehatan calon pramugari dan memastikan bahwa mereka tidak memiliki kondisi kesehatan yang dapat mengganggu kinerja.

Persiapan untuk Tes Fisik Pramugari

Untuk mempersiapkan diri menghadapi tes fisik, calon pramugari dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Menjaga Pola Makan Sehat
    Konsumsi makanan bergizi yang seimbang untuk menjaga berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Hindari makanan cepat saji dan minuman bersoda.
  2. Berolahraga Secara Teratur
    Lakukan latihan fisik secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh. Olahraga kardio, latihan kekuatan, dan fleksibilitas sangat dianjurkan.
  3. Pemeriksaan Kesehatan Rutin
    Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mendeteksi dan menangani masalah kesehatan sejak dini.
  4. Merawat Gigi dan Kulit
    Kunjungi dokter gigi secara teratur dan lakukan perawatan gigi yang diperlukan. Jaga kebersihan kulit dan hindari penggunaan produk yang dapat merusak kulit.
  5. Istirahat yang Cukup
    Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Pendidikan di FAAST Penerbangan

Bagi Anda yang berminat menjadi pramugari atau pramugara, FAAST Penerbangan (Flight Attendant & Airline Staff Training) adalah tempat yang tepat untuk memulai karir Anda. FAAST Penerbangan menawarkan program pelatihan yang komprehensif, mencakup semua aspek yang diperlukan untuk menjadi pramugari atau pramugara profesional.

Program pelatihan di FAAST Penerbangan meliputi pelatihan pelayanan penumpang, keselamatan penerbangan, tata cara penanganan darurat, serta keterampilan berkomunikasi dan penampilan. Selain itu, FAAST Penerbangan juga memberikan perhatian khusus pada kesehatan dan penampilan peserta didiknya, termasuk mempersiapkan mereka menghadapi tes fisik yang ketat.

Dengan bimbingan dari instruktur yang berpengalaman dan fasilitas pelatihan yang modern, Anda akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk berhasil dalam karir di dunia penerbangan. Bergabunglah dengan FAAST Penerbangan dan mulailah perjalanan Anda menuju karir yang gemilang sebagai pramugari, pramugara, atau staff airlines.

Jangan biarkan persyaratan fisik menghalangi impian Anda. Segera daftarkan diri Anda di FAAST Penerbangan dan raih kesempatan untuk terbang tinggi bersama kami!

Pendaftaran FAAST Penerbangan Telah Dibuka

Saat ini, FAAST Penerbangan telah membuka pendaftaran untuk program pelatihan dengan jurusan Pramugari, Pramugara, Staff Penerbangan, dan Perhotelan. Kabar baiknya, siswa kelas 12 atau yang setara sudah dapat mendaftar. Namun, mengingat kuota yang terbatas, disarankan untuk segera mengambil langkah dan mendaftar sebelum kuota terpenuhi. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk memulai perjalanan menuju karir yang menarik di industri penerbangan. Klik tombol daftar di bawah ini untuk mengisi formulir pendaftaran dan segera bergabung dengan FAAST Penerbangan.

Rating :
5/5
Informasi Pendaftaran
FAAST (Flight Attendant & Airline Staff Training) sedang membuka pendaftaran kelas baru!
Jurusan :
  • 1. Pramugari
  • 2. Pramugara
  • 3. Staff Airlines
  • 4. Perhotelan
Mari Raih Mimpimu Menjadi Pramugari / Staff Airlines Bersama FAAST Penerbangan
Informasi Pembayaran
Diberitahukan kepada seluruh calon siswa-i FAAST Penerbangan bahwa segala bentuk pembayaran hanya dilayani melalui :

BANK BRI
02-470-100-1568-304
an FAAST Penerbangan


Segera konfirmasikan pembayaran anda melalui Hotline 0274-486611

Baca Selengkapnya

INGIN BERGABUNG BERSAMA KAMI?

Buruan daftar, Kesempatan tidak datang dua kali!

error: Halaman ini di proteksi!